Friday 30 October 2015

Roh


Sekadar perkongsian sebuah kisah..
PERJALANAN RUH SYAHADAH KAMI

Bismillahhirrahmannirrahim....asyhaduan laillah haillallah wa asyhadu anna muhammadarasullallah.beberapa tahun yang lalu saya di datangi oleh seseorang yang konon beliau adalah ahli makrifat dan seorang yang sangat paham dan mahir dalam bidang agama,tujuan beliau menemui saya adalah di karena kan saya melestarikan budaya mistis warisan nenek moyang tradisional yang menurut beliau pengetahuan warisan itu adalah perkara yang sangat tidak di anjurkan oleh agama islam,beliau berpendapat bahwa saya telah menyimpang dan berbuat syirik walaupun hakikat syirik yang sebenarnya pun menurut hemat saya beliau belum berpaham hati hanya bersandarkan pada teory saja,dengan sangat antusias beliau memberikan tunjuk ajar kepada saya yang hina ini dengan segala macam pengetahuan teory ke agamaan bahkan di karena kan antipatinya beliau pada budaya tradisonal leluhurnya sendiri beliau mengatakan bahwa hendak bertemu dengan orang asli bunian tersebut dan akan mengajarkan tentang syariat islam kepada mereka,agar orang bunian yang memiliki ilmu ilmu ghaib itu dapat menghentikan memberikan ilmunya kepada saya dan bersedia dengan rela memeluk agama islam,si ahli zikir dan agama ini bahkan mengajak saya untuk bergabung dalam serikat zikirnya yang konon dalam mereka berzikir mereka dapat melihat tuhan dan mengetahui bahwa doa nya magbul atau tidak,segala kaji dan hadist beserta firman ALLAH beliau buka kan kepada saya dengan sedikit memaksa agar saya bersedia menerima dan membetulkan teory dari tafsir agama yang beliau sampaikan,sepertinya dari segala pembicaraannya soal agama beliau memang terlihat orang yang sangat hebat dalam beribadah,saya yang masih muda hina dina ini tentu hanya dapat mendengarkan saja apa yang beliau sampaikan,saya tidak berani membantah sebab kata kata orang orang dekatnya beliau ini adalah manusia setengah wali,maka oleh itu lah saya mendengarkan saja serapah tuah dan pemahaman yang beliau sampaikan,selain itu karena beliau sudah berumur cukup tua maka saya tentu patut menghormati umur beliau walaupun baginda nabi muhammad telah berpesan kepada umatnya "jangan engkau lihat siapa yang berbicara tetapi lihatlah apa yang di bicarakannya" ini bermakna bahwa sesungguhnya walaupun anak kecil yang berbicara maka tak patut kita remehkan jika isi pembicaraannya memang mengandung kebenaran,dan walaupun orang tua sudah hendak sakratul maut umurnya namun isi pembicaraannya mengandung omong kosong dan halusinasi saja maka kita yang muda hina dina ini pun di perbolehkan membantahnya tetap dalam kadar kesopanan,namun saya tetap membiarkan beliau memarahi saya agar beliau berpuas diri dan dapat segera pulang ke negrinya,selain itu saya juga tidak memiliki jawaban yang tepat untuk membantahnya,lalu pada akhir kata beliau meminta saya untuk mengantarkan dan menemukan beliau dengan orang bunian tadi,beliau memaksa untuk bertemu dengan yang paling top atau kepala suku dari semua kepala suku orang bunian ini,saya acungkan jempol sebelas jari kepada bapak ahli zikir dan ahli agama ini dengan niatnya yang super berani,sebab dahulu para wali saja yang menyebarkan agama islam bertemu dan berdialog dengan kepala suku orang bunian untuk meminta sedikit petuah dan cara agar para wali mudah mengislamkan semua orang asli suku melayu asia ini,nah beliau malah menantang untuk mengislamkan kepala suku tersebut.......

saya pun mengikuti kemauan beliau dengan syarat semua yang saya lakukan jangan beliau campuri dan jangan banyak comment yang penting pasti bertemu nyata bukan bertemu di alam maya atau halusinasi.
alhamdulillah berkat syafaat penghulu kita nabi muhammad,ALLAH mengijinkan terbukanya tabir panglimunan dari kampung bunian tersebut,setelah saya sampaikan kepada kepala sukunya bahwa ada seorang tamu yang hendak bertemu dan berniat berbincang soal agama dan ketuhanan maka kepala suku orang bunian tersebut bersedia bertemu dan menerima tamu itu.

 singkat cerita mereka bertemu empat mata dan saya hanya duduk di samping kedua makhluk ALLAH tersebut dan si ahli zikir memulai dengan segala pertanyaannya dan kaji ke agamaan,mulai dari syirik hingga tidak boleh menyebarkan ilmu ilmu tradisonal beserta sebab sebabnya pun lengkap beliau utarakan kepada kepala suku orang bunian tadi,kepala suku bunian ini hanya mendengarkan saja tampa ada satu kata pun yang keluar dari mulutnya,kepala suku bunian ini terus tersenyum ramah mendengarkan tampa satu kalimatpun mengangguk ataupun menolak,setelah si ahli agama selesai menjelaskan barulah kepala suku tersebut mulai dengan bertanya.
orang bunian bertanya "cuba sekarang tuan kiyai sentuh tangan saya tolong..!

si ahli agama pun menyentuhnya,lalu orang bunian berkata lagi "setelah tuan sentuh tangan saya apakah tuan merasa saya manusia atau kah bangsa jin..?

si ahli zikir menjawan "benar....anda ternyata manusia.

orang bunian bertanya lagi "boleh saya tau apa agama tuan..?

ahli agama menjawab"tentu saya islam sejati umat nya baginda nabi besar kami nabi muhammad bin abdullah"

orang bunian"bolehkah saya tau apa syarat utama tuan masuk memeluk agama islam..?

ahli agama menjawab "membaca dua kulimah syahadat.

orang bunian"tolong tuan bunyikan ke saya syahadat tuan tersebut sekaligus makna serta artinya..?

dengan saya fasih dan mantap si ahli agama membaca syahadatnya beserta arti yang benar menurutnya " asyhaduan laillah haillallah wa asyhadu anna muhammadarasullallah" aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain ALLAH dan aku bersaksi bahwa muhammad itu utusan ALLAH"

baru saja si ahli agama selesai menyebutkan arti dari syahadah tersebut,kepala suku orang bunian langsung bertanya
orang bunian "pernah kah tuan bertemu nabi yang namanya muhammad itu..?

ahli agama menjawab dengan jujur dan penuh facta "belum"

orang bunian bertanya lagi"pernahkah tuan melihat nabi muhammad itu..?

ahli agama menjawab"tidak pernah bertemu"

orang bunian langsung berkata"jika begitu maka tuan telah bersyhadah palsu.

ahli agama terkejut bercampur marah dan berkata"dari mana tuan boleh mendapatkan kaji jika syahadah yang saya baca adalah palsu..?

dengan tenang orang bunian menjawab" tadi tuan berkata dalam syahadah bahwa tuan telah bersaksi bahwa muhammad itu nabi,adakah makna sebenarnya dari bersaksi itu selain telah menyaksikan atau melihat..?bukan kah tadi tuan telah berkata bahwa tuan menyaksikan muhammad itu nabi utusan Tuhan..?lalu saya tanya tuan sudah pernah bertemu atau pernah melihat muhammad itu dan tuan menjawab belum pernah,lalu yang mana yang benar tuan menyaksikan muhammad atau belum pernah melihat muhammad...?berani beraninya tuan setiap hari berbohong kepada gunung,bumi dan alam sekitar tuan saat tuan membaca syahadah dengan makna tuan telah bersaksi bahwa muhammad itu utusan ALLAH,tuan telah berbohong kepada saya,tuan bersyahadah dengan berkata artinya telah bersaksi,telah menyaksikan bahkan telah melihat muhammad itu utusan ALLAH sementara tuan berkata kepada saya bahwa tuan belum pernah melihat muhammad.

ahli agama pucat pasi wajahnya namun tetap menghindar dari kebenaran dengan berkata"saya memang tidak melihat baginda nabi muhammad tapi saya meyakini dan merasakan bahwa muhammad itu nabi utusan tuhan"
orang bunian menjawab lagi "jika begitu maka syahadah yang tuan baca akan berubah hurufnya dari kalimat asyhadua anna,menjadi merasa haqul yakin..?tentu merubah syahadah adalah perbuatan keluar dari agama syahadah itu..?

ahli agama semakin pucat pasi wajahnya,saya melihat ia mulai curiga bahwa orang bunian ini adalah manusia bunian yang mengerti tentang agama islam,namun ia mencoba sekali lagi berdalih agar menang dalam debat tersebut"saya pernah bertemu nabi muhammad dalam sebuah mimpi yang baik dengan perantara amalan zikir asmaul husna"

orang bunian menjawab"siapa yang boleh memastikan bahwa yang tuan lihat dalam mimpi tersebut adalah nabi muhammad,bukan kah tuan selama ini belum pernah melihat wajah nabi muhammad itu,sehingga dari mana tuan memastikan bahwa yang tuan lihat dalam mimpi itu adalah nabi muhammad...?walaupun kita umat nabi muhammad telah di beri tau bahwa syeithon tidak akan dapat menyerupai atau menyamar menjadi nabi muhammad,tetap saja di karena kan


tuan belum pernah menyaksikan
rupanya nabi muhammad itu maka tuan tidak akan dapat memastikan bahwa wajah dalam mimpi yang tuan lihat adalah nabi muhammad..."
untuk terakhir kalinya si ahli agama memberikan pembenaran pada apa yang ia baca selama ini dengan berkata " menurut keyakinan kami,sesiapa yang membaca syahadah dengan benar bunyinya serta tau apa makna sebenarnya maka ia telah benar dan syah bersyahadah"

orang bunian menjawab lagi"jika hanya bunyinya yang benar maka syah dan benarlah seseorang itu bersyadah,maka izinkan saya bertanya...yang tuan sebut muhammad dalam bersyadah itu adalah muhammad yang mana...?bukankah ada banyak sekali nama muhammad yang hidup sejaman dengan baginda nabi muhamad,bahkan pada saat ini banyak orang bernama muhammad,jangan jangan yang tuan sebut dalam syahadah tuan tadi adalah muhammad lain sebab tuan pun belum pernah menyaksikan baginda muhammad itu,maka boleh jadi muhammad yang tuan maksud muhammad bin zaini adik sepengajian saya kata beliau".

terdiamlah seribu bahasa si ahli agama tadi,kini ia di tengah jalan persimpangan pikiran,antara membenarkan bahwa syahadah yang ia baca selama ini adalah bersaksi palsu dengan pikiran tidak mau kalah sebab ia di kenal sebagai seorang yang ahli agama....

lalu sekarang bergantian kepala suku orang bunian yang terus berbicara memberikan pertanyaan pertanyaan

"taukah tuan apa balaknya (resikonya)jika tuan bersaksi palsu..?maka wajarlah jika doa tuan jauh dari maghbul sebab tuan pun sebenarnya hanya mengaku islam sementara ruh islam tidak mengakui keislaman tuan"
"tuan berzikir berpanjang panjang tahan,segala pengkajian islam dan ketuhanan tuan paham dan ahli,namun tuan sesungguhnya belum memeluk islam yang sebenarnya,secara hakikat tuan belum syah ber agama islam"
"taukah tuan apa manfaat utuh jika tuan bersyadah dengan benar,segala ruh manfaat dari islam akan tuan raih,syafaat yang mutlak dari baginda nabi muhammad pun akan tercurah kepada hidup dan doa tuan,tuan tidak menyadari bahwa segala ilmu alam di muka bumi ALLAH ini sesungguhnya menjadi di sebabkan perantara syahadah,tuan juga tidak pahamkah bahwa tiada satupun ke ajaiban yang terjadi di muka bumi ini tampa di sebabkan oleh syahadah,bersyahadahlah yang benar sesuai dengan yang tuan ucapkan bunyi dan artinya maka tuan akan syah halal khabul maghbul umat baginda nabi muhammad,maka oleh itu sekarang tuan pulanglah,benarkan dahulu syahadah tuan baru kembali bertemu saya lagi dan kita akan berbincang seluas apa ilmu yang tuhan ALLAH berikan kepada kita,ingat jangan datang ke sini sebelum tuan benar syahadahnya...ingat umur tuan telah hampir senja,hendaknya jangan kelak tuan berpulang kerahmatullah dalam islam yang ragu ragu,tidak menemukan apa itu bersyahadah yang sesungguhnya,besi habis arang binasa,tuan akan meninggal dalam ke adaan menjadi saksi yang palsu,sesungguhnya sejak tuan lahir hingga tuan sakratul maut sesungguhnya tuan mencari kebenaran syahadah,kemanapun tuan pergi mengkaji agama ALLAH ini maka tuan tetap harus menemukan syahadah yang sesungguhnya itu.....sekarang pulanglah......assallammualaikum...!

hening beberapa saat suasana di tempat tersebut,setelah tersadar baru si ahli agama menjawab salam kepala suku orang bunian ini...ia terlihat berlinang air mata mengingat betapa ia telah khilaf selama ini,menyangka orang bunian adalah orang yang tidak tau menau soal keislaman dan mengira jin ataupun syeithon,ia juga terlihat malu sebab konon katanya ia paham sangat dalam semua syareat keislaman ternyata syahadah saja ia pun masih tidak lurus,setelah meminta maaf kepada saya dan kepada orang bunian tadi,ia pulang dengan rasa bersalah namun dengan semangat baru yaitu mencari bagaimana ia dapat bersyahadah yang benar sesuai dengan yang ia ucapkan....

Note:

kepala suku orang bunian inilah yang membuka kan kepada saya apa itu SYAHADAH dan bagaimana hakikat sesungguhnya menemukan syahadah yang benar itu,beliau juga lah yang membuktikan facta nyata kepada saya manfaat nyata dari seseorang yang sanggup bersyadah yang benar baik di gunakan dalam kita memeluk syah agama islam serta khasiat metafisiknya selama ini di muka bumi,syahadah ini jualah yang sesungguhnya kita genggam saat kita 9 bulan dalam kandungan ibu dan kita menangis saat terlahir ke dunia sebab syahadah (ilmu bawaan tadi yang kita genggam sewaktu dalam kandungan)kini terlepas saat kita keluar dari rahim ibu,kita menagis sekencang kencangnya sebab telah kehilangan ilmu dan senjata semula jadi,syahadah ini jualah yang membuat kita mengerti apa keperluan tuhan saat tuhan akan menjadikan taqdir atas sesuatu,ia taqdirkan seseorang miskin atau kaya raya di dasarkan pada seberapa besar manusia itu tahu dan menyediakan apa yang tuhan perlukan atas taqdir nya tersebut,jika makhluk itu tahu apa yang tuhan perlukan saat tuhan akan memberikan taqdir miskin atau kaya kepadanya maka ia segera akan menyiapkan keperluan tuhan tadi maka secara taqdir tuhan tentu akan memberikan taqdir yang lebih baik kepadanya,sebab ia mengerti apa yang tengah tuhan taqdirkan,jika saya tau apa apa saja yang sangat bos saya perlukan untuk membuat satu project dan saya siapkan keperluannya itu tentulah secara mudah dan pasti boss akan meletak kan saya jabatan khusus dan cukup tinggi dari karyawan lain,sebab saya selalu menyediakan keperluan boss.

tehnik dan tata cara menemukan dan bersyahadah yang benar ini tidak dapat saya posting di tempat umum,karena ini berhubungan dengan keyakinan setiap individu,serta saya harus mengenal sungguh sungguh siapa orang yang akan saya buka kan RUH SYAHADAH tersebut,intinya saya tetap memegang amanah dari agama kita islam yaitu "bagi mu agama mu dan bagi ku agama ku,aku tidak akan menyembah atau meyakini apa yang engkau sembah dan yakini dan engkau juga tidak akan menyembah dan meyakini apa yang aku sembah dan yakini,bermakna menghormati keyakinan dan kepercayaan orang lain itu mutlak telah ada dalam islam sejak awal ia tercipta,maka oleh itu lah saya akan buka kan hanya pada manusia yang menyembah dan meyakini bahwa SYAHADAH adalah pintu gerbang untuk syahnya islam yang benat serta pintu utama untuk mendapatkan ke ajaiban serta manfaat dari agama islam......

semoga dapat di ambil hikmah dari peristiwa sederhana yang saya alami di atas

JANGAN LUPA SEBELUM PUASA DAN SHOLAT TANYAKAN KEPADA DIRI KITA SENDIRI KHUSUSNYA UMAT MUSLIM APAKAH SUDAH BERSYAHADAH DENGAN BENAR..?

Catatan Raja ryzal kelayang.SH.MH

No comments:

Post a Comment