Sunday 17 August 2014

yahudi


Bangsa Yahudi yang tinggal di Israel dapat digolongkan terdiri dari, Askenazi, mayoritas Yahudi yang berasal dari AS, negara-negara eropa timur, Rusia, Hongaria, Polandia, Ukraina, Sefardi, keturunan yahudi Spanyol, Portugis, Itali, Yunani, Bulgaria, dan yang terakhir Mizardi mayoritas penduduk Israel, kebanyakan keturunan imigran Yahudi dari Marokko, Iran, Irak, Jordania, Yaman, Suriah, Tunisia, Libya, dan negara-negara Arab lainnya.
Dari nama-nama yang dipakai, biasanya dapat diketahui asal mula seorang Yahudi. Nama-nama seperti Cohen, Polak, Levi, Meier, Perez adalah nama-nama yang dipakai oleh orang-orang Yahudi dari Israel kelahiran timur tengah sendiri, sedangkan yang dari Jerman, Hungaria, Austria atau Polandia dan Eropa timur lain banyak memakai nama-nama seperti Stone, Goldschmeding, Liebbermann, Rosenthal, Seagal, Weissmann, Grossmann, Pollack, Rosenbaum, Oppenheimer. Untuk orang-orang Yahudi kelahiran Rusia banyak memakai Moskowitz, Leibovitz, Abramowitz. Kemudian sekitar pertengahan tahun 90an banyak Yahudi kulit hitam yang berasal dari Ethiopia yang masuk ke negara ini. Mereka dinamakan Beta Israƫl atau Falasya.
Halacha atau Halakha, atau hukum-hukum agama Yahudi, berdasarkan kitab Taurat yang disahkan dalam literature Rabinat memberikan definisi orang Yahudi sebagai berikut:
Seorang anak yang lahir dari ibu Yahudi dan ayah bukan yahudi SELALU dan otomatis Yahudi.
Seorang anak yang lahir dari keluarga dimana kedua orang tuanya ayah dan ibunya Yahudi disebut Yahudi.
Seorang anak yang lahir dari ayah Yahudi dan ibu dari bangsa lain, adalah Yahudi campuran ini termasuk kategori Yahudi liberal.
Seorang yang memeluk agama Yahudi, tanpa dinilai suku, ras asal kelahirannya menurut hukum adalah seorang dan bangsa Yahudi.
ISRAEL adalah salah satu negara yang sangat kontroversial, didirikan tanggal 14 Mei 1948 oleh David Ben Gurion dengan wilayah hanya 22.000 km2. Negara di Timur Tengah ini dikelilingi Laut Tengah di sebelah...
ISLAMPOS.COM|BY IANX
Like ·  ·  · 102

No comments:

Post a Comment