Saturday 27 February 2016

minang

"BASO MINANG KOK DILAWAN..!!"
Ada orang bule Australia datang ke pondok pesantren, dan bertanya kepada buya...
Bule : "Kenapa buya kalau mengajar, kitabnya masih menggunakan bahasa minang ? Di zaman globalisasi ini kenapa tidak ditingkatkan dengan menggunakan bahasa inggris?"
Buya: "Karena kalau diajarkan dalam bahasa inggris, tidak akan mampu menafsirkan semua kosakata dalam AlQur’an maupun hadits, lha bahasa inggris itu sangat sederhana. Bahasa minang itu bahasa yang sangat kaya dan sangat kompleks."
Rupanya si bule tadi merasa tersinggung mendengar penjelasan sang buya yang mengatakan bahasa Inggris tidak mampu menafsirkan, dan kalah dengan bahasa minang.
Bule : "Bagaimana anda bisa mengatakan bahasa minang itu bahasa yang sangat kaya dan sangat kompleks, serta bisa menjadi bahasa pengetahuan? Padahal faktanya selama ini, bahasa Inggris lah yang paling kompleks!"
Buya : "Tidak! Bahasa inggris itu memang sangat sangat sederhana. Saya kasih contoh, coba anda lihat! itu yang berwarna kuning keemasan yang ada di sawah. Orang inggris menyebutnya apa?"
Bule : "Rice!"
Buya : "Orang disini. menyebutnya PADI. sedangkan inggris menyebutnya RICE. kalau sudah terkelupas kulitnya dinamakan BAREH, orang inggris tetap menyebut RICE. BERAS Padi kalau patah 2 atau 3, namanya ATAH, orang inggris tetap menyebutnya RICE. BERAS kalau sudah dimasak namanya NASI , orang inggris masih saja menyebutnya RICE. NASI kalau cuma 1 butir, namaya RIMAH, lagi-lagi orang inggris. menyebutnya RICE. NASI yang dimasak sedikit lebih lama, bagian bawahnya dinamakan KARAK, inggris masih menyebut RICE. Dari 1 kosakata saja, penafsiran namanya bisa bermacam-macam, sedangkan bahasa inggris tidak bisa menafsirkan tersebut. Apa bahasa minang ini tidak lebih tinggi dan sangat sangat kompleks dibandingkan bahasa inggris yang sederhana tersebut?...
Si Bule : yes yes yes ....(kapunduang)
Itulah kehebatan bahasa minang....
Yukk yang merasa Orang Minang LIKE dan BAGIKAN !

No comments:

Post a Comment