Sunday 18 March 2018

IBADAH YANG SIA-SIA

IBADAH YANG SIA-SIA
Shalat Jugak bisa menambah DOSA
=============================
Sebanyak mana dan apa pun ibadah yang kita tunaikan tanpa di dasari ilmu (mengenal tuhan), maka akan sia-sia, dan bagaimana kita bisa menjawab pertanyaan malaikat "Maa Robbuka" (Siapa tuhanmu). Apa yang harus kita jawab soalan itu?
_________________________________________
Hampir 100% semua orang tahu jawapan iaitu Allah tuhanku. Pernahkah kita terpikir untuk lebih mengenal Allah, yang bukan hanya sekadar kenal NAMA dan TULISAN. Yang harus kita cari adalah Yang empunya nama itu, sehingga walaupun sedikit ibadah yang kita tunaikan dengan mengenal, maka itu jauh lebih afdhol (manafaat).
_________________________________________
"Awaluddin Makrifatullah"Awal mula agama itu dengan mengenal ALLAH SWT.
- Kemana kamu hadapkan wajahmu di situlah Allah.
- Terangnya sinar matahari lebih terang lagi Allah, dekatnya mata putih dengan mata hitam lebih dekat lagi Allah.
- Allah itu lebih dekat dari urat lehermu.
- Allah meliputi sekalian Alam ( kaji lah kata meliputi itu )
Semoga dengan sedikit ini dapat kita jadikan renungan ( Tafakkur) dalam diri, sehingga kita dapat mengenal Allah.
"Hadist : Aku mengenal Allah dengan Allah."
_________________________________________
Sbb itulah Jangan sampai terlihat adanya diri barulah terlihat Allah. Apa lah ertinya belajar ilmu makrifat jika tidak putus....... Ilmu makrifat ini ilmu putus (ilmu pemutus).Pandang yang satu pads yang banyak.Pandang yang banyak pada yang satu.
_________________________________________
Karna dlm HAKIKAT SHOLAT itu ada EMPAT perkara , iaitu :
Pertama : IHRAM
Kedua : MI'RAJ
Ketiga : MUNAJAT
Keempat : TABDIL
_________________________________________
IHRAM - maknanya " tercengang-cengang " dalam ertikata fana' dan hilang lenyap , tidak diingatkan dirinya pada masa itu , ketika ( dalam keadaan ) LAZAT tiada lah ia ingat akan yang lain melainkan ZAT ALLAH semata-mata.
Sepertimana kata Orang 'Arief billah :Mafhumnya :
" Tiada lah aku yang berbuat di dalam SOLAT itu melainkan Zat Allah semata-mata. "
_________________________________________
MI'RAJ -maknanya sudah naik martabat hamba itu lantaran ia sudah wakil kepada " RAHASIA nya "itu kepadanya , yakni mafhumnya :
" Tidak ada sesuatu yang wujud di dalam SOLAT itu melainkan Allah. "
Sudah berpindah " wujud Zat " yakni wujud Allah , tidak ada SEMBAH MENYEMBAH dan Puji Memuji di dalam SOLAT itu hanya " Zat Allah " semata-mata.
_________________________________________
MUNAJAT -maknanya " SUDAH BERJUMPA hamba dengan Tuhannya. Sepertimana firman Allah dlm Surah Al-Baqarah ayat : 115
Mafhumnya :" Maka ke mana sahaja kamu menghadapkan MUKA kamu , maka di situ lah WAJAH Tuhanmu. "Firman-Nya lagi dalam Surah Al-Rahman ayat : 26 dan 27 Mafhumnya :
26. Segala yang ada ini BINASA
27. Dan kekal ZAT TUHAN mu Yang mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan. "
Yakni " Fana' " wujud dirinya di dalam " Wujud Tuhannya " dalam ertikata tiada " nama aku " lagi melainkan " Nama Zat Allah " semata-mata.
_________________________________________
TABDIL -maknanya " SUDAH BERPINDAH ma'nikam di dalam kalimah " Insan Rahasia Allah " dan dia lah yang " menghidupkan " di dalam SOLAT itu hanya " Zat Allah " semata-mata,Demikian lah HAKIKAT KITA di dalam SOLAT
_________________________________________
Sebb itu sy bilang Hati-Hati shalat juga bisa menambah-nambahi dosa
"syariat itu ada dalam gerak tubuhmu"
"tarekat itu ada dalam gerak fikirmu"
"hakekat itu ada dalam gerak hatimu"
"makrifat itu ada dalam nyawamu"
_________________________________________
Saya ulas lebih jauh lagi agar Dirimulebih mudah memahaminya
Saya umpamakan seorang yg sedang mengerjakan sholat
PERTAMA: Maka setiap gerakan2 tubuhnya/gerakan dan bacaan sholatnya itulah yg disebut syari'at.
_________________________________________
KEDUA: Arah fikirannya itulah yg disebut tarekat atau thoriqoh. Jika fikirannya menuju SPEDAMOTOR yg takut hilang di masjid, maka dia sedang "bertarekat/berjalan" menuju spedamotor itu. Jadilah dia "menyembah spedamotor" secara hukum thoriqoh/tarekat. Ini yg disebut diantara syirik khofi/lembut itu, dimana makin engkau sholat seperti itu, makin banyak kesyirikanmu. engkau tidak dianugrahi pahala, malah makin berdosa.
_________________________________________
KETIGA: Arah perasaan qolbunya itulah yg disebut sebagai hakekat. Jika qolbumu dipenuhi riya, atau beribadah karena manusia, apa karena malu dibilang orang "kafir" kelihatan gak sholat, atau karena ingin menampilkan biar kelihatan alim di depan orang. Ini pula disebut syirik khofi. Tiada tujuanmu selain mencari ridho orang2 saja, bukan ridho Allah.
_________________________________________
KEEMPAT: Makrifat itu ada dalam nyawamu. Ini terlalu dalam untuk dijelaskan, yaitu ada dalam "RASA TUHAN" namun bukan "MERASA TUHAN", bedanya setipis rambut dibelah 1000. karena sulit sekali dijelaskan dengan pembanding kata2 apapun jua. jadi yah jangan bertanya lagi tentang hal ini...... Orang yang beruntung akan mengerti dengan sendirinya.
_________________________________________
"Jika dalam tarekatnya dan hakekatnya sholat, orang tiada bisa untuk melenyapkan syirik khofi, maka sebenarnya sholat juga bukan hanya bisa menambah pahala, namun juga bisa menambah dosa".
_________________________________________
Dalam hal ini terserah engkau percaya atau tidak yg saya sampaikan, karena jelas akal fikiranmu akan sulit menerima sebuah perkataan bahwa "sholat pun bisa menambah-nambahi dosa" ntahlah buat sajalh yang penting engkau bahagia...
__________________
(Tuak Lombok ilahi)

No comments:

Post a Comment