myherb2u
Friday, 13 January 2017
fb
Zaini Atan
1 jam
·
Rasah, Negeri Sembilan
·
BERTAFAKUR sebentar lebih baik daripada sembahyang sunat 100 rakaat....
Kelas tasawuf..
Suka
Tunjukkan lagi reaksi
Komen
Kongsi
24
Puan Roslin Alin Traf dan 23 yang lain
Komen
Noordazleena Mohd Daud
Teringin nak hadir kelas tasawuf...
Suka
·
Balasan
·
1 jam
Ghazali Seman
Ada hadis atau mcmn?
Suka
·
Balasan
·
1 jam
Zaini Atan
Ada hadis tuan..ustaz yg syarahkan..saya hanya memanjangkan..Takafakur memikirkan kebesaran Allah dan kejadian alam..
Suka
·
Balasan
·
2
·
1 jam
Ghazali Seman
Jika tidak keberatan bleh share matan nya
Suka
·
Balasan
·
1
·
1 jam
Zaini Atan
Saya belajar ajer tuan..dan berkongsi ..
Suka
·
Balasan
·
1 jam
Tulis balasan...
Fadhli Ahmad
cuba google td, dan jumpa ni:
Lebih baik dari solat sunat 100 rakaat tak jumpa, tapi bertafakur mmg amalan terpuji & disarankan.
Apa ada hadits ttg keutamaan berpikir sesaat lbh baik drpd ibadah 60 – 70 thn?? klu ada tlg penjelasannya? Banyak orang sufi menyampaikan hadis ini di forum khutbah. jazakallahu khairan…
flashdisk Yufid.TV di HP
Bahtiar – Kalimantan
Jawab:
Terdapat hadis yang menyatakan,
فِكْرَةُ سَاعَةٍ خَيْرٌ مِنْ عِبَادَةِ سِتِّينَ سَنَةً
Berfikir sesaat lebih baik dari pada beribadah 60 tahun
Hadis ini disebutkan dalam kitab al-Adzamah dengan sanad: Berkata Abu Syaikh, dari Abdullah bin Muhammad bin Zakariya, dari Utsman bin Abdillah al-Qurasyi, dari Ishaq bin Najih al-Multhi, dari Atha al-Khurasani, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu.
Perawi yang bernama Ishaq bin Najih dan Utsman bin Abdillah dinilai para ulama sebagai pendusta.
Ibnul Jauzi menilai hadis ini:
هذا حديث لا يصح ، وفي الإسناد كذّابان ، فما أفلت وضعُه مِن أحدهما : إسحاق بن نجيح، قال أحمد : هو أكذب الناس ، وقال يحيى : هو معروف بالكذب ووضع الحديث ، وقال الفلاس : كان يضع الحديث على رسول الله صلى الله عليه وسلم صراحا ، والثاني : عثمان ، قال ابن حبان : يضع الحديث على الثقات
Hadis ini tidak benar, sementara dalam sanadnya terdapat 2 perawi pendusta. Status palsu hadis ini disebabkan keberadaan salah satu dari mereka. [1] Ishaq bin Najih, yang kata Imam Ahmad: “Manusia paling pendusta.” Sementara Yahya bin Main berkomentar: “Terkenal suka berdusta dan memalsukan hadis.” Kata Imam al-Fallas: “Dia memalsukan hadis Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terang-terangan.”
[2] Utsman bin Abdillah, yang kata Ibnu Hibban, “Memalsukan hadis atas nama perawi.” (al-Maudhu’at, 3/144)
Karena itu, para ulama menegaskan bahwa hadis ini palsu. Ali al-Qori ketika menyebutkan hadis ini, beliau mengatakan,
ليس بحديث
“Bukan hadis.” (al-Mashnu’, hlm. 82)
Berfikir itu Terpuji
Berfikir, merenungkan ayat-ayat Allah, dalam rangka semakin mengagungkan Allah, adalah perbuatan yang terpuji. Allah memujinya dalam al-Quran, diantaranya,
الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
“Orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. Ali Imran: 191).
Syaikhul Islam mengatakan,
النظر إلى المخلوقات العلوية والسفلية على وجه التفكر والاعتبار مأمور به مندوب إليه
“Merenunngkan penciptaan makhluk baik yang di atas maupun yang di bawah, dalam rangka mengambil pelajaran, diperintahkan dan dianjurkan.” (Majmu’ al-Fatawa, 15/343)
Karena itulah, para sahabat menyukai berfikir. Merenungkan ayat Allah, baik ayat kauniyah (ciptaan Allah) atau ayat Syar’iyah (aturan syariat).
Ayat kauniyah menunjukkan betapa sempurna kekuasaan dan kebesaran Allah dalam menciptakan..
Ayat syar’iyah menunjukkan betapa adil dan bijaksananya Allah dalam menetapkan aturan.
Kita akan simak pengakuan para salaf (orang soleh masa silam):
[1] Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma,
تفكر ساعة خير من قيام ليلة
Berfikir sesaat lebih baik dari pada qiyamullail (al-Adzamah, 1/297).
Ibnu Abbas juga mengatakan,
تذاكر العلم بعض ليلة أحب إلي من إحيائها
“Belajar beberapa saat di malam hari, lebih aku sukai dari pada menghabiskan seluruh malam untuk shalat.” (Mushannaf Abdurrazaq, 11/253).
[2] Abu Darda radhiyallahu ‘anhu,
مذاكرة العلم ساعة خير من قيام ليلة
“Mengkaji ilmu syariat sesaat lebih baik dari pada shalat malam”
[3] Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu,
لأن أفقه ساعة أحب إلي من أن أحيي ليلة أصليها حتى أصبح
“Saya belajar sesaat lebih saya cintai dari pada saya habiskan waktu malam untuk shalat sampai subuh.”
Abu Hurairah juga mengatakan,
لأن أعلم باباً من العلم في أمر أو نهي أحب إلي من سبعين غزوة في سبيل الله عز وجل
“Saya memahami satu masalah ilmu, baik terkait perintah, ataupun larangan, lebih aku cintai dari pada 70 kali perang di jalan Allah.”
[4] Abu Musa al-Asy’ari:
لمجلس أجلسه مع عبد الله بن مسعود أوثق في نفسي من عمل سنة
“Aku duduk belajar bersama Ibnu Mas’ud, itu lebih menenangkan hatiku dari pada beramal satu tahun.”
[5] Hasan al-Bashri :
لأن أتعلم باباً من العلم فأعلمه مسلماً أحب إلي من أن تكون لي الدنيا كلها أجعلها في سبيل الله عز وجل
“Aku memahami satu masalah ilmu syariah, kemudian aku ajarkan ke muslim yang lain, lebih aku sukai dari pada aku memiliki dunia seisinya yan aku jadikan untuk infak fi sabilillah.”
Allahu a’lam.
Sumber:
https://konsultasisyariah.com/26102-berfikir-sesaat-lebih...
Berfikir Sesaat Lebih Baik dari Beribadah 60 Tahun?
KONSULTASISYARIAH.COM
|
OLEH AMMI NUR BAITS
Suka
·
Balasan
·
5 min
No comments:
Post a Comment
Newer Post
Older Post
Home
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment