Sunday, 5 March 2017

Sifat20

Assalamualakum...
 
            Bahagian II: Sifat Salbiyah

Adapun  hakikat  sifat  Salbiyah  itu:  wahiya  dallat  ‘alallafiy  maalaa  khaliyqu  billahi  ‘aza  wajalla, artinya  barang  yang  menunjukkan  atas  menafikan  apa-apa  yang  tiada  patut  dan  tiada  layak pada dzat, pada sifat dan pada af’al Allah Ta’ala yaitu lima sifat:

1. QIDAM, artinya Sedia

2. BAQA’ artinya Kekal,

3.  MUKHALAFATUHULILKHAWADITS  artinya  Bersalahan  Allah  Ta’ala  dengan  segala  yang baharu.

4. QIYAMUHU BINAFSIHI, artinya Berdiri Allah Ta’ala dengan sendiriNya.

5. WAHDANIAH, artinya Esa

1.  QIDAM,  artinya  Sedia Adapun  hakikat  Qidam  ibarat  dari  menafikan  ada  permulaan  bagi  Wujud-Nya  yakni  tiada permulaan,  lawannya  Hudusy  artinya  baharu  yaitu  mustahil  tiada  diterima  oleh  aqal  sekalikali  dikatakan  Ia  baharu  karena  jikalau  Ia  baharu  niscaya  jadilah  Wujud-Nya  itu  wujud  yang harus,  tiadalah  Ia  wajibal  wujud  maka  sekarang  telah  terdahulu  wajibal  wujud  baginya  maka menerimalah  aqal  kita  wajib  baginya  bersifat  Qadim  dan  mustahil  lawannya  baharu  ,  adapun dalilnya firmannya dalam Al Qur’an: huwal awwalu, artinya Ia juga yang awal.

Adapun Qadim nisbah pada nama empat perkara:

a.  Qadim  Haqiqi,  yaitu  dzat  Allah  Ta’ala

b.  Qadim  Sifati,  yaitu  sifat  Allat  Ta’ala

c.  Qadim  Idofi,  yaitu  Qadim  yang  bersandar  seperti  dahulu  bapa  daripada  anak

d. Qadim Zamani, yaitu masa yang telah lalu sekurang-kurangnnya setahun 2.

BAQA’  artinya  Kekal Adapun  hakikat  Baqa’  itu  ibarat  menafikan  ada  kesudahan  bagi  Wujud-Nya,  yakni  tiada kesudahan,  lawannya  Fana’  artinya  binasa  yaitu  mustahil  tiada  diterima  oleh  aqal  sekali-kali dikatakan  Ia  binasa,  jikalau  Ia  binasa  jadilah  Wujud-Nya  itu  wujud  yang  baharu,  apabila  Ia baharu  tiadalah  Ia  bersifat  Qadim  maka  sekarang  telah  terdahulu  bagi-Nya  wajib  bersifat Qadim  maka  menerimalah  aqal  kita  wajib  bagi-Nya  bersifat  Baqa  dan  mustahil  lawannya binasa,  adapun  dalilnya  firman-Nya  dalam  Al  Qur’an:  wayabqo  wajhu  robbikauzuljalali  wal ikrom, artinya kekal dzat Tuhan kamu yang mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan.

Adapun yang Kekal itu dua bahagi:

a. Kekal Haqiqi, yaitu dzat dan sifat Allah Ta’ala

b.  Kekal  Ardy,  yaitu  kekal  yang  dikekalkan,  menerima  hukum  binasa  jikalau  dibinasakan  Allah Ta’ala,  karena  ia  sebahagian  daripada  mumkinun,  tetapi  tiada  dibinasakan  maka  kekallah  ia, maka  kekalnya  itu  dinamakan  kekal  ‘Ardy,  seperti  ruh,  arasy,  kursi,  kalam,  lauh  mahfudh, surga,  neraka,  bidadari  dan  telaga  nabi.

3.  MUKHALAFATUHULILKHAWADITSI  artinya  Bersalahan  Allah  Ta’ala  dengan segala  yang baharu

Adapun  Hakikat  Mukhalafatuhulilhawadits  itu  diibaratkan  menafikan  dzat  dan  sifat  dan  af’al Allah  Ta’ala  dengan  segala  sesuatu  yang  baharu, yakni  tiada  bersamaan  dengan  segala  yang baharu,  lawannya  Mumassalatuhulilhawadits,  artinya  bersamaan  dengan  segala  sesuatu  yang baharu.  Tiada  diterima  oleh  aqal  dikatakan  Allah  Ta’ala  itu  bersamaan  dzat-Nya  dan  sifat-Nya dan  af’al-Nya  dengan  segala  yang  baharu,  karena  jikalau  bersamaan  dengan  segala  yang baharu  maka  tiadalah  Ia  bersifat  Qadim  dan  Baqa’,  sebab  segala  yang  baharu  menerima hukum  binasa,  maka  sekarang  telah  terdahulu  wajib  bagi  Allah  Ta’ala  bersifat  Qadim  dan Baqa’,  maka  menerimalah  aqal  kita  wajib  bagi  Allah  Ta’ala  bersifat mukhalafatuhulilhawadits,  dan  mustahil  lawannya  Mumasalatu  lilhawadits,  adapun  dalilnya firman-Nya dalam Al Qur’an:

laisa  kamislihi  syaiin  wa  huwassami’ul  bashir,  artinya  tiada  seumpama  Allah  Ta’ala  dengan segala sesuatu dan Ia mendengar dan melihat.

Adapun  bersalahan  dzat  Allah  Ta’ala  dengan  dzat  yang  baharu  karena  dzat  Allah  Ta’ala  bukan jirim  atau  jisim  dan  bukan  jauhar  atau  ‘aradh  dan  tiada  dijadikan,  tiada  bertempat,  tiada berjihat, tiada bermasa atau dikandung masa dan tiada beranak atau diperanakkan.

Bersalahan  sifat  Allah  Ta’ala  dengan  sifat  yang  baharu  karena  sifat  Allah  Ta’ala  Qadim  dan ‘Aum  takluknya,  seperti  Sami’  Allah  Ta’ala  takluk  pada  segala  yang  mawujud.

Adapun  sifat  yang  baharu  itu  tiada  ia  Qadim  dan  tiada  ‘Aum  takluknya,  tetapi  takluk  pada setengah  perkara  jua  seperti  yang  baharu  mendengar  ia  pada  yang  berhuruf  dan  bersuara  dan yang  tiada  berhuruf  dan  bersuara  tiada  ia  mendengar  atau  yang  jauh  atau  yang  tersembunyi seperti  gerak-gerak  yang  dalam  hati  dan  begitu  jua  sifat-sifat  yang  lain  tiada  serupa  dengan sifat Allah Ta’ala.

Adapun  bersalahan  perbuatan  Allah  Ta’ala  dengan  perbuatan  yang  baharu  karena  perbuatan Allah  Ta’ala  itu  memberi  bekas  dan  tiada  dengan  alat  perkakas  dan  tiada  dengan  minta  tolong dan tiada mengambil faedah dan tiada yang sia-sia.

Adapun  perbuatan  yang  baharu  tiada  memberi  bekas  dan  dengan  alat  perkakas  atau  dengan minta tolong dan mengambil faedah.

4. QIYAMUHU BINAFSIHI, artinya Berdiri Allah Ta’ala dengan sendirinya

Adapun  hakikat  Qiyamuhu  binafsihi  itu  ibarat  daripada  menafikan  berkehendak  kepada tempat  berdiri  dan  berkehendak  kepada  yang  menjadikan  dia,  yakni  tiada  berkehendak kepada  tempat  berdiri  dan  tiada  berkehendak  kepada  yang  menjadikannya.  Mustahil  tiada diterima  oleh  aqal  sekali-kali  dikatakan  tiada  berdiri  dengan  sendiriNya,  karena  Ia  zat  bukan sifat,  jikalau  Ia  sifat,  maka  berkehendak  kepada  tempat  berdiri  karena  sifat  itu  tiada  boleh berdiri  dengan  sendirinya.  Dan  tiada  berkehendak  kepada  yang  menjadikan  Ia  karena  Ia Qadim,  jikalau  berkehendak  Ia  kepada  yang  menjadikan  Dia,  maka  jadilah  Ia  baharu,  apabila ia  baharu  tiadalah  ia  bersifat  Qadim  dan  Baqa’  dan  Mukhalafatuhulilhawadits.  Maka  sekarang menerimalah  aqal  kita,  wajib  diterima  oleh  aqal,  bagi  Allah  Ta’ala  itu  bersifat Qiyamuhubinafsihi  dan  mustahil  lawannya  An-laayakuunu  ko’imambinafsihi,  adapun  dalilnya firman-Nya  dalam  Al  Qur’an:  Innallaha  laghniyyun  ‘anil  ‘alamiin,  artinya  Allah  Ta’ala  itu terkaya daripada sekalian alam.

Adapun  segala  yang  Mawujud  menurut  berkehendak  kepada  tempat  berdiri  dan  berkehendak kepada yang menjadikan dia itu empat bahagi:

a.  Tiada  berkehendak  kepada  yang  menjadikan  Dia  dan  tiada  berkehendak  kepada  tempat berdiri, yaitu zat Allah Ta’ala

b.  Berdiri  pada  zat  Allah  Ta’ala  dan  tiada  berkehendak  kepada  yang  menjadikan  Dia,  yaitu sifat Allah Ta’ala

c.  Tiada  berkehendak  kepada  tempat  berdiri  dan  berkehendak  kepada  yang  menjadikan  dia yaitu segala jirim yang baharu

d.  Berkehendak  kepada  tempat  berdiri  dan  berkehendak  kepada  yang  menjadikan  dia  yaitu segala ‘aradh yang baharu

5. WAHDANIAH, artinya Esa

Adapun  hakikat  Wahdaniah  itu  ibarat  menafikan  kammuttasil  (berbilang-bilang  atau  bersusunsusun  atau  berhubung-hubung)  dan  kammumfasil  (bercerai-cerai  banyak  yang  serupa)  pada zat, pada sifat, dan pada af’al.

Lawannya  An-yakunu  wahidan,  artinya  tiada  ia  esa.  Mustahil  tiada  diterima  oleh  akal  sekalikali  dikatakan  tiada  Ia  Esa,  karena  jikalau  tiada  Ia  Esa  tiadalah  ada  alam  ini  karena  banyak yang memberi bekas.

Seperti  dikatakan  ada  dua  atau  tiga  tuhan,  kata  tuhan  yang  satu  keluarkan  matahari  dari barat,  dan  kata  tuhan  yang  satu  lagi  keluarkan  dari  timur,  dan  kata  tuhan  yang  satu  lagi keluarkan  dari  utara  atau  selatan,  karena  tiga  yang  memberi  bekas.  Tentu  kalau  tuhan  yang satu  itu  mengeluarkan  matahari  itu  dengan  sekehendakknya  umpamanya  disebelah  barat, tentu  pula  tuhan  yang  lain  meniadakkannya  dan  mengadakan  lagi  menurut  kehendaknya umpamanya  disebelah  timur  atau  utara  atau  selatan,  karena  tiga-tiga  tuhan  itu  berkuasa mengadakan dan meniadakan maka kesudahannya matahari itu tiada keluar.

Maka  sekarang  kita  lihat  dengan  mata  kepala  kita  sendiri  bagaimana  keadaan  atau  perjalanan didalam  alam  ini  semuanya  teratur  dengan  baiknya  maka  menerimalah  aqal  kita  wajib diterima  aqal  Wahdaniah  bagi  Allah  Ta’ala  dan  mustahil  lawannya  berbilang-bilang  atau bercerai-cerai.

Adapun  dalilnya  firman-Nya  dalam  Al  Qur’an:  Qul  huwallahu  ahad,  artinya  katakanlah  oleh  mu (Muhammad) Allah Ta’ala itu Esa, yakni Esa zat dan Esa sifat dan Esa Af’al.

Adapun Wahdaniah pada zat menafikan dua perkara:

a.  Menafikan  Kammuttasil,  yaitu  menafikan  berbilang-bilang  atau  bersusun-susun  seperti dikatakan  zat  Allah  Ta’ala  itu  berdarah,  berdaging  dan  bertulang  urat,  atau  dikatakan  zat Allah Ta’ala itu kejadian daripada anasir yang empat.

b.  Menafikan  Kammumfasil,  yaitu  menafikan  bercerai-cerai  banyak  yang  sebangsa  atau serupa,  umpama  dikatakan  ada  zat  yang  lain  seperti  zat  Allah  Ta’ala  yakni  tiada  sekali-kali seperti yang demikian itu.

Maka  Kammuttasil  dan  Kammumfasil  itulah  yang  hendak  kita  nafikan  pada  zat  Allah  Ta’ala, apabila  sudah  kita  nafikan  yang  dua  perkara  ini  maka  barulah  dikatakan  Ahadiyyatuzzat,  yakni Esa dzat Allah Ta’ala.

Adapun Wahdaniah pada sifat menafikan dua perkara:

a.  Menafikan  Kammuttasil,  yaitu  menafikan  berbilang-bilang  atau  bersusun-susun  sifat, seperti  dikatakan  ada  pada  Allah  Ta’ala  dua  Qudrat  atau  dua  Ilmu  atau  dua  Sami’  yakni  tiada sekali-kali seperti yang demikian itu.

b.  Menafikan  Kammumfasil,  yaitu  menafikan  bercerai-cerai  banyak  yang  sebangsa  atau  serupa seperti  dikatakan  ada  Qudrat  yang  lain  atau  Ilmu  yang  lain  seperti  Qudrat  dan  Ilmu  Allah Ta’ala.

Maka  Kammuttasil  dan  Kammumfasil  inilah  yang  hendak  kita  nafikan  pada  sifat  Allah  Ta’ala, apabila  sudah  kita  nafikan  yang  dua  itu  maka  baharulah  dikatakan  Ahadiyyatussifat,  yakni  Esa sifat Allah Ta’ala.

Adapun Wahdaniah pada af’al menafikan dua perkara:

a.  Menafikan  Kammuttasil,  yaitu  menafikan  berhubung  atau  minta  tolong  memperbuat  suatu perbuatan,  seperti  dikatakan  Allah  Ta’ala  jadikan  kuat  pada  nasi  mengenyangkan  dan  kuat pada  air  menghilangkan  dahaga  dan  kuat  pada  api  membakar  dan  kuat  pada  tajam memutuskan yakni tiada sekali-kali seperti yang demikian itu.

b.  Menafikan  Kammumfasil,  yaitu  menafikan  bercerai-cerai  banyak  perbuatan  yang  memberi bekas,  seperti  dikatakan  ada  perbuatan  yang  lain  memberi  bekas  seperti  perbuatan  Allah Ta’ala,  yakni  tiada  sekali-kali  seperti  yang  demikian  itu.

Maka  Kammuttasil  dan  Kammumfasil  inilah  yang  hendak  kita  nafikan  pada  af’al  Allah  Ta’ala, apabila  sudah  kita  nafikan  yang  dua  ini  maka  baharulah  kita  dikatakan  Ahadiyyatull  af’al, yakni Esa perbuatan Allah Ta’ala.

insan kedil 🌷MNH🌷

No comments:

Post a Comment