Sunday, 5 March 2017

Sifat20

Assalamualaikum.....
sifat dua puluh bahagian ketiga

                           Bahagian  III

Sifat  Ma’ani Adapun  hakikat  sifat  Ma’ani  itu:  wahiya  kullu  sifatu  maujudatun  qo’imatun  bimaujuudatun  aujabat lahu  hukman,  artinya  tiap-tiap  sifat  yang  berdiri  pada  yang  maujud  (wajibalwujud  /  zat  Allah  Ta’ala) maka mewajibkan  suatu  hukum (yaitu  Ma’nawiyah) Sifat  Ma’ani  ini  maujud  pada  zihin  dan  maujud  pula  pada  kharij,  ada  tujuh  perkara:

1.  QUDRAT artinya  Kuasa,  Takluk  pada  segala  mumkinun

2.  IRADAT  artinya  Menentukan,  takluk  pada  segala  mumkinun

3.  ILMU  artinya  Mengetahui,  takluk  pada  segala  yang  wajib,  mustahil  dan  ja’iz  bagi  aqal.

4.  HAYAT  artinya  Hidup,  tiada  takluk,  tetapi  syarat  bagi  aqal  kita  menerima  adanya  sifat-sifat  yang lain.

5.  SAMA’  artinya  Mendengar,  takluk  pada  segala  yang  maujud.

6.  BASYAR  artinya  Melihat,  takluk  pada  segala  yang  maujud.

7.  KALAM  artinya  Berkata-kata

1.  Qudrat  artinya  Kuasa

Adapun  hakikat  Qudrat  itu  yaitu  satu  sifat  yang  Qadim  lagi  azali  yang  sabit  berdiri  pada  zat  Allah Ta’ala,  maka  dengan  Dia  mengadakan  dan  meniadakan  bagi  segala  mumkin  muafakat dengan  IradatNya.  Adapun  arti  mumkin  itu  barang  yang harus  adanya  atau  tiadanya Adapun  mumkin itu  empat  bahagi:

a.  Mumkin Maujuud ba’dal ‘adum,  yaitu  mumkin  yang  pada  masa  sekarang,  dahulu  tiada,  seperti: langit,  bumi  dan  kita  semuanya.

b.  Mumkin Ma’dum ba’dal wujud,  yaitu  mumkin  yang tiada  pada  masa  sekarang  ini  dahulunya  ada, seperti:  nabi  Adam  as,  dan  datok-datok  nenek  kita  yang  sudah  tiada.

c.  Mumkin  sayuzad,  yaitu  mumkin  yang  akan  datang seperti  hari  kiamat,  syurga  dan  neraka.

d.  Mumkin Ilmu  Allah  annahu  lamyujad,  yaitu  mumkin  yang  didalam  Ilmu  Allah  Ta’ala,  tetapi  tiada dijadikan  seperti  hujan  emas,  Air  laut  rasanya  manis,  dan  banyak  yang  lain  lagi. Lawannya  ‘Ujdzun  artinya  lemah,  yaitu  mustahil  tiada  diterima  oleh  aqal  sekali-kali  dikatakan  Allah Ta’ala  itu  lemah,  karena  jikalau  Ia  lemah  niscaya  tiadalah  ada  alam  ini  karena  yang  lemah  itu  tiada dapat  memperbuat  suatu  perbuatan.  Maka  sekarang  alam  ini  telah  nyata  adanya  bagaimana  yang  kita lihat  sekarang  ini,  maka  menerimalah  aqal  kita  wajib  diterima  aqal,  bagi-Nya  bersifat  Qudrat  dan mustahil  lawannya  ‘Ujdzun.

Adapun  dalilnya  firman-Nya  dalam  Al  Qur’an:
wallahu  ‘ala  kulli  sai’in-qodir,
artinya

Allah  Ta’ala  itu berkuasa  atas  tiap-tiap  sesuatu.

Tetaplah  dalam  Hakikat  Qudrat  itu  difahami  dengan  memahami  sifat  Salbiyah  terlebih  dahulu  untuk menafikan  apa-apa  yang  tiada  patut  dan  tiada  layak  pada  dzat,  pada  sifat  dan  pada  af’al  Allah  Ta’ala.

*  Qudrat  Allah  Ta’ala  Qadim  atau  sedia,  tiada  diawali  dengan  lemah.

*  Qudrat  Allah  Ta’ala  Baqa’  atau  Kekal,  tiada  diakhiri  dengan  lemah.

*  Qudrat  Allah  Ta’ala  itu  Mukhalafatuhu  lil  hawadits,  atau  bersalahan  dengan  yang  baharu,  maha  suci dari  sekalian  misal.

*  Qudrat  Allah  Ta’ala  itu  Qo’imumbizzatihi  atau  berdiri  pada  zat  Allah  Ta’ala,  tiada  meminta  tolong pada  sesuatu,  dan  tiada  mengambil  faedah.

*  Qudrat  Allah  Ta’ala  itu  Wahdaniyah,  atau  Esa,  tiada  kamuttassil  (Berhubung/bersusun)  dan  tiada kamumfasil  (tiada  bercerai  dengan  sifat  yang  lain).

2.  Iradat  artinya  Menentukan Adapun  hakikat  Iradat  itu  satu  sifat  yang  Qadim  lagi  azali  yang  sabit  berdiri  pada  zat  Allah  Ta’ala  maka dengan  Dia  menentukan  sekalian  mumkin  adanya  atau  tiadanya,muafakat  dengan  Ilmu-Nya.

Adapun  Iradat  Allah  Ta’ala  menentukan  enam  perkara:

a.  Menentukan  mumkin  itu  Ada  atau  tiadanya

b.  Menentukan  Tempat  mumkin  itu

c.  Menentukan  Jihat  mumkin  itu d.  Menentukan  Sifat  mumkin  itu

e.  Menentukan  Qadar mumkin  itu

f.  Menentukan  Masa  mumkin itu Lawannya  Karahat  artinya  tiada  menentukan  atau  tiada  berkehendak,  yaitu  mustahil  tiada  diterima oleh  aqal  sekali-kali  dikatakan  Allah  Ta’ala  itu  tiada  menentukan  atau  tiada  berkehendak,  karena jikalau  tiada  Ia  menentukan  atau  tiada  Ia  berkehendak  mengadakan  alam  ini  atau  meniadakan  alam ini  niscaya  tiadalah  baharu  (Berubah)  alam  ini  maka  sekarang  alam  ini  telah  nyata  adanya  perubahan, ada  siang  ada  malam,  ada  yang  datang  ada  yang  pergi,  seperti  yang  telah  kita  lihat  dengan  mata kepala  kita  sendiri,  maka  menerimalah  aqal  kita  wajib  bagi  Allah  Ta’ala  bersifat  Iradat  dan  mustahil lawannya  Karahat.

Adapun  dalilnya  firman-Nya  dalam  Al  Qur’an:  fa’allu  limaa  yuriy  d’,  artinya  berbuat  Allah  Ta’ala dengan  barang  yang  ditentukan-Nya.

Adapun  Iradat  dengan  amar  dan  nahi  itu  tiada  berlazim  karena:

Ada  kalanya  disuruh  tetapi  tiada  dikehendaki  seperti  Abu  jahal,  Abu  lahab  dan  segala  pengikutnya. Ada  kalanya  disuruh  dan  dikehendaki  seperti  Abu  Baqa’r  dan  segala  sahabat  yang  lain. Ada  kalanya  tiada  disuruh  dan  tiada  dikehendaki  seperti  kafir  yang  banyak. Adakalanya  tiada  disuruh  tetapi  dikehendaki  seperti  mengerjakan  yang  haram  dan  makruh  seperti Nabi  Adam as dan Hawa. Tetaplah  dalam  Hakikat  Iradat  itu  difahami  dengan  memahami  sifat  Salbiyah  terlebih  dahulu  untuk menafikan  apa-apa  yang  tiada  patut  dan  tiada  layak  pada  dzat,  pada  sifat  dan  pada  af’al  Allah  Ta’ala.

*  Iradat  Allah  Ta’ala  Qadim  atau  sedia,  tiada  diawali  dengan  Karahat.

*  Iradat  Allah  Ta’ala  Baqa’  atau  Kekal,  tiada  diakhiri  dengan  Karahat.

*  Iradat  Allah  Ta’ala  itu  Mukhalafatuhu  lil  hawadits,  atau  bersalahan  dengan  yang  baharu,  maha  suci dari  sekalian  misal.

*  Iradat  Allah  Ta’ala  itu  Qo’imumbizzatihi  atau  berdiri  pada  zat  Allah  Ta’ala,  tiada  meminta  tolong pada  sesuatu,  dan  tiada  mengambil  faedah.

*  Iradat  Allah  Ta’ala  itu  Wahdaniyah,  atau  Esa,  tiada  kamuttassil  (Berhubung/bersusun)  dan  tiada kamumfasil  (tiada  bercerai  dengan  sifat  yang  lain).

insan kedil 🌷MNH🌷🌱

No comments:

Post a Comment